Langsung ke konten utama

Anak Tak Bisa Diam Tandanya Anak itu Cerdas


Menurut Howard Gardner, pakar perkembangan anak, ada delapan jenis kecerdasan, linguistik (bahasa), matematika, visual spasial, musik, interpersonal, intrapersonal, kinestetik, dan naturalis.

Jika anak sangat pintar menggunakan kemampuan motoriknya, semisal mahir menari, bermain sepak bola, atau berenang, berarti anak memiliki kecerdasan kinestetik, yaitu kecerdasan dalam melakukan gerakan tubuh dan anggota badan.

Jika buah hati Anda senang melompat, berlari, menari, berjoget, naik sepeda, dan sebagainya, mungkin kecerdasan kinestetiknya bagus sehingga perlu distimulasi supaya berkembang lebih maksimal.

Banyak ciri lain yang kerap ditunjukkan anak yang memiliki kecerdasan kinestetik baik. Misalnya, menyukai permainan yang melibatkan fisik, seperti: mengendarai sepeda, berenang, melempar dan menangkap bola, bermain di area permainan, memiliki koordinasi mata dan tangan yang baik, lebih mudah belajar dengan praktik, pandai menggunakan bahasa tubuh, dan sebagainya.

Sebaliknya, jika kecerdasan kinestetik anak biasa-biasa saja, umumnya mereka lebih suka dengan aktivitas yang tidak melibatkan terlalu banyak gerak anggota tubuh. Namun, bukan berarti kita mendiamkannya saja, justru harus kita rangsang anak untuk lebih banyak bergerak karena di dalam bergerak anak bisa mempelajari dan meningkatkan kemampuannya.

Cara mudah melihatnya adalah dengan memerhatikan aktivitas anak yang tidak bisa diam, senang berlarian, melompat-lompat, naik-naik ke kursi, selalu menggerakkan tangan atau kakinya ketika duduk, berjoget, dan sebagainya.

Biasanya, anak yang cerdas kinestetik butuh penyaluran energi gerak yang lebih tinggi dibandingkan anak lain yang biasa-biasa saja.

Jika lebih diperhatikan, biasanya anak cerdas kinestetik tidak memiliki masalah dengan kemampuan menjumput, menempel, menggunting, menulis, meronce, menaiki tangga, semuanya tumbuh sesuai dengan tahapan perkembangannya, bahkan lebih cepat.

Di dalam kelas, biasanya anak yang cerdas kinestetik tidak mau diam berlama-lama, pasti ada saja gerakan yang ia buat, seperti: berdiri, menggoyang-goyangkan kepala, bahkan berjalan-jalan di dalam kelas.

Penelitian yang dilakukan oleh tim dari University of Eastern, Finlandia pun menemukan, banyak siswa yang aktif di kegiatan kinestetik, seperti atletik, ternyata memiliki kemampuan membaca dan matematika lebih baik. Dua kemampuan ini adalah kemampuan dasar akademik yang nantinya akan mendukung mereka untuk mencapai nilai akademik lebih baik di mata pelajaran yang lain.

Itu manfaat aktif bergerak untuk kecerdasan anak. Selain itu, aktif bergerak juga membuat anak tumbuh lebih sehat. Soalnya, bergerak akan meningkatkan kinerja berbagai organ tubuh yang akan melancarkan sistem peredaran darah dan metabolisme tubuh.

Ketika anak berlari dengan waktu tertentu, misal, detak jantungnya pasti akan meningkat, sehingga membuat jantung lebih kuat, peredaran darah lebih lancar, dan suplai sari makanan ke berbagai area tubuh pun semakin baik. Tubuh juga akan terasa lebih bugar dan fit. Biasanya, energi akan terkuras, anak butuh nutrisi untuk kebutuhan tubuhnya demi mengembalikan energi yang terkuras tadi. Dengan begitu, pertumbuhan anak pun akan berlangsung lebih optimal.

Jadi, tak perlu khawatir lagi kan, kalau anak tak bisa diam dan selalu berlarian ke sana kemari? Karena itu tanda anak punya kecerdasan kinestetik tinggi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips From Semalt: How To Outsource Your SEO Work To A Reliable Partner

SEO is a long-term strategy that focuses mainly on growing site's visibility by using creative and technical elements. In SEO, the quality of content matters a lot. The frequency of delivering quality and fresh content to users also matters. A good number of SEO agencies prefer hiring specialists to let them take care of their digital marketing tasks.
Outsourcing your website's SEO is an important step. With this in mind, the Customer Success Manager of Semalt, Oliver King prepared the list of questions you should raise when hiring an SEO partner. a) How do you create users engagement using links?Getting more links to create users engagement is a necessary prerequisite when it comes to SEO. You will definitely need a partner who can direct users to your content, and has an expertise in creating blogs and competitive directories. Before you hire your SEO campaign partner, ask for previous samples to be sure of what you are getting yourself into. b) How do you craft content that is…

Rumah Dijual Murah Over Kredit Di Bekasi

Rumah merupakan kebutuhan utama setiap manusia. Tanpa adanya rumah, sudah pasti kita akan kebingungan untuk mencari tempat tinggal. Dengan memiliki rumah yang pasti kita akan terlindung dari panasnya terik matahari dan juga dingin nya malam. Bisa dibayangkan sendiri jika Anda tidak tidur dirumah pastinya sangat menyiksa tubuh Anda. Sudah pasti keharusan untuk segera memiliki rumah harus diprioritaskan sedari sekarang. Nah, bagi Anda yang saat ini sedang bingung karena tak juga bisa segera memiliki rumah yang diimpikan, maka Anda harus mencoba berbagai kemudahan yang memang kini sudah ditawarkan di sekitar kita. Salah satunya adalah dengan menggunakan sistem kredit kepemilikan rumah. Sistem yang demikian ini dinilai lebih memudahkan. Bahkan, kini juga telah hadir sistem yang lebih menguntungkan lagi yaitu over kredit. Apakah Anda masih asing dengan sistem yang satu ini? Rumah dijual murahdengan sistem over kredit harus anda coba dari sekarang.
Rumah Murah Over Kredit Di Bekasi
Memiliki …

Dapur Minimalis di Rumah, Kenapa Tidak?

Jika Anda memiliki hobi memasak, tentu Anda memiliki keinginan untuk mempunyai dapur minimalis di rumah Anda. Selain membuat acara memasak di dapur jadi lebih nyaman, dapur yang minimalis tentu akan terlihat lebih indah karena interiornya yang membantu membuatnya terlihat lebih indah. Selain itu, dapur minimalis juga bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kebanyakan orang minimnya lahan untuk dapur itu sendiri. Banyak orang yang beranggapan untuk menciptakan dapur yang minimalis membutuhkan banyak biaya. Namun anggapan tersebut salah besar karena ada banyak cara yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah agar dapur di rumah Anda memiliki gaya minimalisdengan harga yang minim juga. Simak penjelasan cara-caranya di bawah ini!
Rak Gantung
Singkirkan lemari Anda dari dapur! Lemari yang ditempel di dinding tentu akan memakan banyak ruang dan membuat dapur Anda menjadi lebih sempit. Sebisa mungkin hindari penggunaan lemari dan gunakan rak yang terbuat dari besi atau kayudan ditempel di dinding. Ra…