Langsung ke konten utama

Anak Tak Bisa Diam Tandanya Anak itu Cerdas


Menurut Howard Gardner, pakar perkembangan anak, ada delapan jenis kecerdasan, linguistik (bahasa), matematika, visual spasial, musik, interpersonal, intrapersonal, kinestetik, dan naturalis.

Jika anak sangat pintar menggunakan kemampuan motoriknya, semisal mahir menari, bermain sepak bola, atau berenang, berarti anak memiliki kecerdasan kinestetik, yaitu kecerdasan dalam melakukan gerakan tubuh dan anggota badan.

Jika buah hati Anda senang melompat, berlari, menari, berjoget, naik sepeda, dan sebagainya, mungkin kecerdasan kinestetiknya bagus sehingga perlu distimulasi supaya berkembang lebih maksimal.

Banyak ciri lain yang kerap ditunjukkan anak yang memiliki kecerdasan kinestetik baik. Misalnya, menyukai permainan yang melibatkan fisik, seperti: mengendarai sepeda, berenang, melempar dan menangkap bola, bermain di area permainan, memiliki koordinasi mata dan tangan yang baik, lebih mudah belajar dengan praktik, pandai menggunakan bahasa tubuh, dan sebagainya.

Sebaliknya, jika kecerdasan kinestetik anak biasa-biasa saja, umumnya mereka lebih suka dengan aktivitas yang tidak melibatkan terlalu banyak gerak anggota tubuh. Namun, bukan berarti kita mendiamkannya saja, justru harus kita rangsang anak untuk lebih banyak bergerak karena di dalam bergerak anak bisa mempelajari dan meningkatkan kemampuannya.

Cara mudah melihatnya adalah dengan memerhatikan aktivitas anak yang tidak bisa diam, senang berlarian, melompat-lompat, naik-naik ke kursi, selalu menggerakkan tangan atau kakinya ketika duduk, berjoget, dan sebagainya.

Biasanya, anak yang cerdas kinestetik butuh penyaluran energi gerak yang lebih tinggi dibandingkan anak lain yang biasa-biasa saja.

Jika lebih diperhatikan, biasanya anak cerdas kinestetik tidak memiliki masalah dengan kemampuan menjumput, menempel, menggunting, menulis, meronce, menaiki tangga, semuanya tumbuh sesuai dengan tahapan perkembangannya, bahkan lebih cepat.

Di dalam kelas, biasanya anak yang cerdas kinestetik tidak mau diam berlama-lama, pasti ada saja gerakan yang ia buat, seperti: berdiri, menggoyang-goyangkan kepala, bahkan berjalan-jalan di dalam kelas.

Penelitian yang dilakukan oleh tim dari University of Eastern, Finlandia pun menemukan, banyak siswa yang aktif di kegiatan kinestetik, seperti atletik, ternyata memiliki kemampuan membaca dan matematika lebih baik. Dua kemampuan ini adalah kemampuan dasar akademik yang nantinya akan mendukung mereka untuk mencapai nilai akademik lebih baik di mata pelajaran yang lain.

Itu manfaat aktif bergerak untuk kecerdasan anak. Selain itu, aktif bergerak juga membuat anak tumbuh lebih sehat. Soalnya, bergerak akan meningkatkan kinerja berbagai organ tubuh yang akan melancarkan sistem peredaran darah dan metabolisme tubuh.

Ketika anak berlari dengan waktu tertentu, misal, detak jantungnya pasti akan meningkat, sehingga membuat jantung lebih kuat, peredaran darah lebih lancar, dan suplai sari makanan ke berbagai area tubuh pun semakin baik. Tubuh juga akan terasa lebih bugar dan fit. Biasanya, energi akan terkuras, anak butuh nutrisi untuk kebutuhan tubuhnya demi mengembalikan energi yang terkuras tadi. Dengan begitu, pertumbuhan anak pun akan berlangsung lebih optimal.

Jadi, tak perlu khawatir lagi kan, kalau anak tak bisa diam dan selalu berlarian ke sana kemari? Karena itu tanda anak punya kecerdasan kinestetik tinggi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Langkah Tepat untuk Membeli Rumah Dijual Banten

Banyak sekali orang di luar sana yang mempunyai penghasilan pas-pasan namun sangat ingin mempunyai rumah.  Banyak kendala yang ditemui oleh mereka dengan penghasilan pas ini. Selain memang susah mengalokasikan anggaran nya, harga rumah dari waktu ke waktu juga selalu meningkat. Nah, biasanya Solusi mereka adalah melakukan KPR (Kredit Pemilikan Rumah).
Pilihan KPR yang mereka tuju itu bissa berupa bunga mengambang (floating rate), maupun bunga bersifat tetap (fixed rate).Untuk membantu kerangka berfikir anda membeli rumah dijual Banten, Sebetulnya ada beberapa cara dan strategi kreatif yang dapat dilakukan agar bisa memiliki rumah impian anda dengan terarah dan terukur pastinya. Insight berikut bisa coba anda contoh dan lakukan. Siapa tahu berguna nantinya.
Hal pertama yang mungkin bisa anda lakukan ialah coba untuk berkenalan dengan rekan-rekan kerja yang berkecimpung di dunia real estat dan properti. Tujuannya ialah untuk mempelajari apa dan bagaimana sebenarnya dunia property itu. Da…

Fidget Spinner Menjadi Mainan Trend Anak Sekarang

Fidget  Spinner adalah mainan yang  sedang viral saat ini.
Mainan ini berbentuk seperti  gasing dan dimainkan dengan  cara diputar di sela jari telunjuk dan jempol.
Banyak  orang meyakini bahwa mainan  ini berfungsi menghilangkan  kegelisahan dan menjadikan penggunanya tetap fokus.
Pada tanggal 17 Mei kemarin mainan ini menjadi salah satu  dari 10 mainan terlaris di Amazon.
Beberapa orangtua  dan anak-anak bahkan  membuatnya sendiri dengan  printer 3D ataupun kerajinan lainnya seperti yang dilansir  dari theconversation.
Kelompok penelitian dari Katherine Isbiter, Professor of  Computational Media,  University of California, Santa Cruz bersama timnya telah melihat secara mendalam  bagaimana orang menggunakan  barang mainan seperti fidget  spinner selama beberapa tahun  terakhir.
Apa yang kami  temukan menjelaskan bahwa  barang-barang ini bukan iseng  saja. Meski terkadang menjadi gangguan yang menyebalkan  bagi orang lain, barang- barang ini bisa berguna bagi  orang dewasa.
Banyak contoh yan…

Dapur Minimalis di Rumah, Kenapa Tidak?

Jika Anda memiliki hobi memasak, tentu Anda memiliki keinginan untuk mempunyai dapur minimalis di rumah Anda. Selain membuat acara memasak di dapur jadi lebih nyaman, dapur yang minimalis tentu akan terlihat lebih indah karena interiornya yang membantu membuatnya terlihat lebih indah. Selain itu, dapur minimalis juga bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kebanyakan orang minimnya lahan untuk dapur itu sendiri. Banyak orang yang beranggapan untuk menciptakan dapur yang minimalis membutuhkan banyak biaya. Namun anggapan tersebut salah besar karena ada banyak cara yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah agar dapur di rumah Anda memiliki gaya minimalisdengan harga yang minim juga. Simak penjelasan cara-caranya di bawah ini!
Rak Gantung
Singkirkan lemari Anda dari dapur! Lemari yang ditempel di dinding tentu akan memakan banyak ruang dan membuat dapur Anda menjadi lebih sempit. Sebisa mungkin hindari penggunaan lemari dan gunakan rak yang terbuat dari besi atau kayudan ditempel di dinding. Ra…